Ini Lho Pola Pikir yang Menyebabkan Kelas Menengah Susah Jadi Orang Kaya

Kita sering terheran-heran, mengapa orang yang sudah kaya bisa makin kaya, sedangkan kita (yang biasanya di kelas menengah) kok nggak kaya-kaya. Kok bisa ya? Oh, ternyata cara pikir kita selama ini salah, guys! Nih, kami mau kasih bocoran mengenai hal-hal yang dilakukan oleh orang kaya, tapi (biasanya) susah dipahami oleh kita.   

1. Orang kaya memprioritaskan pendapatan, orang kelas menengah memprioritaskan tabungan.
Selama ini kita sering diajarkan untuk kerja agar memperoleh gaji. Kemudian, sebagian dari gaji itu harus kita sisihkan agar kita punya tabungan dengan tujuan nanti kita bisa independen secara finansial. Kita fokus menabung, menabung dan menabung. SALAH! Dalam awal-awal tahun orang kaya, mereka tidak fokus pada tabungan, melainkan pada pendapatan. Mereka mengolah, mendistribusikan uang mereka pada yang namanya investasi - dan bukan investasi untuk masa pensiun, namun benar-benar investasi untuk pendapatan. Investasi yang dipilih pun tidak main-main dan penuh pertimbangan, misalnya pada real estate, pada bisnis yang berprospek, serta hal-hal yang dianggap BERISIKO oleh para kelas menengah. Paham? 

2. Orang kaya memutar duitnya biar jadi lebih kaya, orang kelas menengah menghabiskan duitnya biar kelihatan kaya.
Yup! Cara hidup mereka bahwa ditujukan agar mereka menjadi kaya. Mereka akan selalu mencari jalan, mencari celah agar rasa haus untuk menjadi kaya tercapai. Jika kamu memperhatikan dengan seksama (bahkan mungkin gaya hidupmu sendiri), orang kelas menengah begitu agak berduit dikit sudah beli ini, beli itu. Ini, lagi-lagi, SALAH! Orang kaya, begitu mendapatkan uang dari hasil investasi, mereka akan kembali memutar uang tersebut untuk dijadikan investasi agar pendapatan mereka semakin tinggi. Mereka tidak ragu-ragu untuk menahan hasrat beli-beli (dan mereka berpendirian teguh!) serta tidak malu untuk memakai barang lama. Jika mobil lama mereka umurnya bisa diperpanjang sekian tahun lagi, mereka akan tetap merawat mobil tersebut dan akan memakainya. 

3. Orang kaya selalu siap untuk belajar, berkembang dan berubah. Orang kelas menengah, baru bisa sedikit udah berasa yang paling jagoan di bidangnya.
Nah, ini dia salah satu rahasia ampuh mereka. Mereka tidak pernah merasa lebih pintar dari orang pada umumnya sehingga nggak ragu-ragu untuk belajar hal baru, belajar kemampuan baru dan mengasah kemampuan tersebut. Mereka akan meluangkan waktu untuk membaca serta tidak ragu untuk merubah gaya hidup mereka, bahkan secara drastis, jika memang dibutuhkan. 

4. Meski pengeluarannya besar, orang kaya ternyata tidak sekonsumtif orang kelas menengah.
Ya, jadi kaya memang susah dan butuh kerja keras sehingga mereka akan menghargai kekayaan itu sendiri. Percayalah, mereka tidak akan sekonsumtif yang kita kira. Malah biasanya kelas menengah yang akan konsumtif, beli ini, beli itu dan ngggak jarang barang yang dibeli akhirnya nggak kepakai. Sebagai contoh nih ya, Warren Buffet yang sekaya itu, rumahnya nggak akan semahal yang kamu kira. Dari sini kita bisa belajar bahwa kepemilikan bukanlah tanda kesuksesan, kawan! 

5. Orang kaya tidak takut memasang target yang benar-benar tinggi, orang kelas menengah sering meragukan mimpinya sendiri.
Lagi-lagi sesuatu yang berbeda dari yang diajarkan pada kita. Biasanya kita diajarkan untuk memiliki mimpi yang cenderung mudah untuk diraih, kemudian kembali mengantung mimpi selanjutnya. NO! Orang kaya langsung menentukan mimpinya setinggi mungkin. Namanya juga mimpi, kalau didenger masih rasional, namanya bukan mimpi! Bahkan tak jarang, mimpi mereka terdengar sangat mustahil, padahal begitu mudah untuk diraih. Mereka membentuk pola pikir mereka dengan baik, memiliki keyakinan bahwa mimpinya dapat dicapai, kemudian memusatkan seluruh usahanya untuk mencapai mimpi tersebut. Bayangkan saja, dulu saat kamu akan mengerjakan sesuatu dan kamu bilang itu susah, maka kamu makin kesusahan untuk mengerjakannya. Sedangkan ketika kamu menemukan sesuatu yang sebenarnya rumit, namun kamu merasa bisa, ya kamu bisa menyelesaikan hal itu. See?
Setelah melihat kelima hal di atas, berapa banyak yang bertentangan dengan yang kamu yakini selama ini? Seharusnya, kamu juga sudah bisa menarik benang merah bahwa cara berpikir alias mindset adalah aset yang sangat penting untuk jadi orang kaya, bukan keberuntungan. Yuk, perlahan kita ubah mindset kita seperti mereka, tentunya dengan pertimbangan-pertimbangan yang rasional yah!
Tag : motivasi
0 Komentar untuk "Ini Lho Pola Pikir yang Menyebabkan Kelas Menengah Susah Jadi Orang Kaya"

Back To Top