5 Negara Pemilik Tentara Paling Cinta Damai

Meski dunia saat ini relatif dalam keadaan damai, indeks perdamaian justru mengalami penurunan dalam delapan tahun terakhir.

Dalam membuat pemeringkatan, GPI menggunakan tiga indikator utama dari setiap negara. Tingkat keselamatan dan keamanan publik, peran militer dalam konflik domestik dan internasional, serta tingkat pemakaian instrumen militer di masing-masing negara.

Dengan menggunakan indikator tersebut, kawasan paling damai lagi-lagi ditemukan di Eropa. Sementara beberapa negara Timur Tengah, seperti Suriah, Afghanistan, dan Irak adalah negara paling tidak damai di dunia.

Tingkat perdamaian paling buruk ini terjadi tak hanya karena faktor keselamatan dari warganya tapi juga dipicu kekacauan sektor ekonomi dan keuangan yang melanda seluruh dunia.

Mengutip laporan GPI dari therichest, Rabu, 28 Januari 2015, berikut adalah 10 negara dengan jajaran tentara paling baik di seluruh dunia.

Norwegia


Dengan peringkat Indeks Pembangunan Manusia tertinggi di dunia, Norwegia adalah salah satu negara terbaik untuk hidup.

Norwegia masuk dalam peringkat negara terkaya kedua di dunia dan standar hidup di sana adalah salah satu yang tertinggi di dunia.

Secara keseluruhan, Norwegia baik secara ekonomi maupun sosial dan merupakan salah satu negara paling stabil di dunia. Norwegia merupakan salah satu negara pendiri NATO pada tahun 1949 dan memberikan kontribusi secara teratur untuk misi PBB dan NATO.

Belgia


Di timur laut Perancis berdiri negara Belgia; sebuah negara secara yang geografis kecil dengan populasi yang cukup besar. Belgia adalah rumah bagi lebih dari 11 juta orang, yang sebagian besar tinggal di daerah perkotaan.

Belgia terutama dibagi menjadi dua wilayah besar; Flanders di utara dan Wallonia di selatan. Ini adalah negara perdagangan terbesar ke-15 dan dikenal karena tenaga kerjanya yang produktif. Militernya berpartisipasi dalam misi PBB dan sejak Perang Korea menjadi anggota NATO.

Jepang


'Tanah Matahari Terbit' adalah rumah bagi 126.434.964 orang. Populasi Jepang memiliki harapan hidup tertinggi dari negara manapun di dunia. Jepang juga salah satu negara yang memiliki teknologi paling maju di dunia dan menghasilkan kendaraan bermotor, elektronik, mesin perkakas, bahan kimia, dan makanan olahan. Jepang memiliki ekonomi terbesar ketiga di dunia dan merupakan eksportir terbesar kelima di dunia.

Kekuatan militer Jepang, Pasukan Bela Diri Jepang, didanai oleh 1% dari PDB negara dan ditargetkan pada perdamaian dan pertahanan internal, terutama dalam kaitannya dengan Tiongkok.

Kanada


Sebagai negara dengan luas total terbesar kedua di dunia, Kanada berbatasan dengan Amerika Serikat. Kanada dikenal karena kekayaannya, mendapatkan tempat di posisi 8 sebagai negara dengan pendapatan per kapita tertinggi secara global.

Kanada juga merupakan negara peringkat tinggi dalam hal kebebasan sipil, kualitas hidup, kebebasan ekonomi, dan pendidikan. Kanada mempertahankan tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi melalui sektor manufaktur, pertambangan, dan layanan. Kanada juga merupakan eksportir besar gas alam dan produk pertanian.

Angkatan Bersenjata Kanada (CAF) memanfaatkan 1,15% dari PDB negara itu dan sebagian besar adalah pasukan penjaga perdamaian.

Finlandia


Secara geografis, Finlandia adalah negara terbesar kedelapan di Eropa tapi masih negara yang paling jarang penduduknya di Uni Eropa. Negara berbahasa Finlandia memiliki populasi sekitar 5,5 juta orang, dengan lebih dari 1,4 juta orang tinggal di wilayah metropolitan Helsinki.

Finlandia pelopor sejarah hak-hak sipil; pada tahun 1908 Finlandia adalah negara pertama yang memberikan hak untuk memilih bagi semua warga dewasa. Kualitas hidup luar biasa dan pembangunan manusianya terus tumbuh, hingga membuat Newsweek 2010 menobatkan Finlandia sebagai negara terbaik di dunia.

Angkatan Pertahanan Finlandia memanfaatkan sekitar 1,47% dari PDB negara itu dalam membela perbatasan negara dan misi penjaga perdamaian di luar negeri dengan PBB, Uni Eropa dan NATO. Negara ini memberlakukan undang-undang wajib militer - semua orang dewasa laki-laki Finlandia diwajibkan mengikuti latihan minimal 165 hari dengan militer negara mereka.

Tag : world news
0 Komentar untuk "5 Negara Pemilik Tentara Paling Cinta Damai"

Back To Top